RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun ajaran : 2013/2014
Standar
Kompetensi :
1.
Menulis :
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai
jenis karangan sastra maupun nonsastra menggunakan berbagai ragam Bahasa Jawa
sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
2.
Membaca : Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra,
berhuruf Latin maupun Jawa dengan berbagai ketrampilan dan teknik membaca.
Kompetensi
Dasar :
1.
Menulis :
Menulis geguritan.
2.
Membaca :
Membaca indah geguritan.
Indikator :
1.
Menulis :
a. Mampu
menyebutkan ciri-ciri geguritan.
b. Mampu
menulis geguritan menggunakan ragam bahasa Jawa yang sesuai dengan
unggah-ungguh.
c. Mampu
menulis geguritan berdasarkan ide yang dilihat pada tempat tertentu.
d. Mampu
menulis geguritan dengan Ejaan Yang Disempurnakan.
e. Mampu
menulis geguritan dengan memperhatikan diksi, rima, dan tipografi
f. Mampu
menulis geguritan dengan memperhatikan amanat.
g. Mampu
menulis geguritan sesuai dengan tema yang ditentukan.
2. Membaca :
a.
Mampu membaca geguritan dengan pelafalan
yang tepat
b.
Mampu membaca geguritan dengan ekspresi
yang tepat
c.
Mampu membaca geguritan dengan intonasi
yang tepat
d.
Mampu membaca geguritan dengan tempo
yang tepat
e.
Mampu membaca geguritan dengan blocking
yang tepat
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran :
1. Menulis
:
a. Siswa
mampu menyebutkan ciri-ciri geguritan.
b. Siswa
mampu menulis geguritan menggunakan ragam bahasa Jawa yang sesuai dengan
unggah-ungguh.
c. Siswa
mampu menulis geguritan berdasarkan ide yang dilihat pada tempat tertentu.
d. Siswa
mampu menulis geguritan dengan Ejaan Yang Disempurnakan.
e. Siswa
mampu menulis geguritan dengan memperhatikan diksi, rima, dan tipografi
f. Siswa
mampu menulis geguritan dengan amanat
g. Siswa
mampu menulis geguritan sesuai dengan tema yang ditentukan.
2. Membaca :
a.
Siswa mampu membaca geguritan dengan
pelafalan yang tepat
b.
Siswa mampu membaca geguritan dengan
ekspresi yang tepat
c.
Siswa mampu membaca geguritan dengan
intonasi yang tepat
d.
Mampu membaca geguritan dengan tempo
yang tepat
e.
Mampu membaca geguritan dengan blocking
yang tepat
Materi Pembelajaran
Geguritan “Gurit Klawu dadi
Awu”
Iki
guritku
Gurit
klawu waton metu
Karakit ing
nalika grimis riwis-riwis
Wanci
sore
Kaya ora
sabaene
Ing
sadhengah papan akeh geni mengangah
Kari
ngenteni angin tumiyub
Ngobarake
mawa kang sumimpen
Ing
tengahe geni merang
Banyu
panas, hawa panas, tembung panas
Kuping
panas ati luwih panas, kemranyas…
Lan
guritku
Gurit
klawu waton metu
Kabesmi
ing tengahe kang ngalad-alad
Lan
guritku
Gurit
klawu dadi awu
Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Pemodelan
-
Inquiri
Media
Pembelajaran
-
Teks geguritan
Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan
Awal
1. Guru
bersama siswa mengawali pembelajaran dengan berdo’a bersama.
2. Guru
memberi salam pada siswa sebelum mengawali pembelajaran.
3. Siswa
menjawab salam dari guru.
4. Guru
menanyakan pertanyaan sederhana atau ringan seputar geguritan
5. Guru
memberi apersepsi tentang geguritan (meliputi ciri-ciri dan unsur intrinsik)
B.
Kegiatan
Inti
1.
Guru membacakan teks geguritan “Gurit
Klawu dadi Awu”.
2.
Guru menjelaskan mengenai unsur-unsur
intrinsik geguritan.
3.
Siswa bersama guru mengartikan kata-kata
sukar.
4.
Siswa bersama guru berdiskusi tentang
teknik menulis geguritan yang benar.
5.
Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok dengan cara mengambil undian yang berisi nama tempat
misalnya lobi sekolah, perpustakaan, kelas, kantin, dan mushola sekolah.
6.
Siswa berkumpul
sesuai dengan tempat yang diperolehnya dan mendatangi tempat tersebut.
7.
Siswa menulis
geguritan dengan ide suasana, benda, atau apapun yang ada di tempat yang
didatanginya.
8.
Guru bisa
berkeliling untuk memantau.
9.
Setelah waktu
yang ditentukan habis, siswa kembali ke kelas.
10.
Siswa maju
dengan cara acak menggunakan permainan oper bola diiringi lagu “cublak-cublak
suweng”.
11.
Siswa lain
menilai siswa yang sedang maju.
12.
Guru memberikan umpan balik.
C.
Kegiatan
Akhir
1. Guru
me-review kegiatan pembelajaran hari
itu.
2. Guru
merefleksikan kegiatan pembelajaran hari itu.
3. Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari minggu berikutnya.
Sumber
Belajar
1. Kidung
saka Bandungan, Rini Tri Puspohardini
Penilaian
Hasil Belajar
Uji
praktik :
No.
|
Aspek
Penilaian Menulis Geguritan
|
Rentang
Skor
|
1.
|
Kesesuaian tema
dengan isi geguritan
|
1-20
|
2.
|
Pemilihan kata
|
1-15
|
3.
|
Keterkaitan isi antar
bait pada geguritan
|
1-15
|
No.
|
Aspek Penilaian
Membaca Geguritan
|
Rentang Skor (1-10)
|
1.
|
Intonasi
|
|
2.
|
Lafal
|
|
3.
|
Ekspresi
|
|
4.
|
Tempo
|
|
5.
|
Blocking
|
Nilai = Jumlah skor x 100
Skor maksimal
Mengetahui
…………………..
Kepala
sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………………… …………………….
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar